Sabtu, 05 Juni 2010

KRI Dewaruci Raih 2 Penghargaan di Yunani

Misi KRI Dewaruci sukses meraih dua penghargaan di Volos, Yunani, yakni The Best Ship in Crew Parade dan The Furthest Distance. Atraksi perpisahan para awak dengan serentak naik ke tiang layar, mengagumkan pengunjung.
Penghargaan The Best Ship in Crew Parade diraih para awak KRI Dewaruci dalam lomba parade di pusat kota Volos, di mana para awak nan gagah itu mengandalkan Gita Jala Taruna, marching band kadet AAL. Selain unjuk kebolehan marching band dengan lagu-lagu Indonesia dan internasional, mereka juga menampilkan Reog Ponorogo yang atraktif dan dinamis. ”Selain menjadi peserta parade terbaik, para awak KRI Dewaruci juga menyabet penghargaan The Furthest Distance untuk peserta dengan arungan laut terjauh,” tutur Sekretaris III KBRI Athena Gina Fadilla.

Rangkaian kegiatan selama berada di Volos (9-12/5/2010) dimaksudkan untuk melepas kepenatan setelah berhari-hari berlayar mengarungi samudera. Mereka juga mengikuti kegiatan lomba olahraga dan tur kebudayaan ke situs-situs arkeologi, termasuk ke kawasan Pelion, tempat di mana hidup para makhluk setengah manusia dan setengah kuda (centaur) dalam mitologi Yunani, juga ke desa Makrinitsa yang terkenal dengan rumah-rumah beratapkan batu.
Sementara misi mengikuti kegiatan internasional The Historical Seas Tall Ships Regatta 2010 dimulai pada 12/5/2010 dengan rute pelayaran dari Volos ke Pulau Skopelos (Yunani), lalu menuju Varna (Bulgaria), Istanbul (Turki) dan berakhir di Lavrion (Yunani). Rute ini merupakan rute “Argo”, sebuah kapal penjelajah yang dikemudikan Jason dalam mitologi Yunani (1500 SM).
Upacara pembukaan oleh ketua Sailing Training Internasional Robin Snouck Hurgronje dan Walikota Volos Alekos Voulgaris, diisi dengan peresmian remake kapal Argonaut yang akan memandu 22 kapal layar peserta lainnya dari 19 negara dalam memulai Regatta.
KRI Dewaruci dan peserta lainnya dipandu keluar Volos menuju Pulau Skopelos oleh kapal Argonaut yang didayung oleh 40 orang seperti situasi pada 1500 SM.
Seusai partisipasi di Yunani, KRI Dewaruci selanjutnya akan mengikuti beberapa kegiatan kejuaraan lomba layar bergengsi tingkat internasional The Tall Ships Race 2010 dengan rute Belgia-Denmark-Norwegia-Inggris (13/7-7/8/2010).
Kemudian Festival Sail Amsterdam di Belanda (19-23/8/2010), Sail Bremerhaven 2010 di Jerman (25-29/8/2010), Festival Internationale Mediterraneo e Velieri di Cagliari, Italia (8-13/9/2010). Total jenderal pelayaran KRI Dewaruci akan menempuh jarak 24.676 mil laut atau 45.650 km, memakan waktu selama 9 bulan dan menyinggahi 25 negara.
Mari kita doakan agar awak KRI Dewaruci meraih kesuksesan di lomba-lomba berikutnya dan bisa mengharumkan nama bangsa di dunia Internasional.
Sumber: Detikcom

0 komentar:

Posting Komentar

BANGGA INDONESIA RAYA © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute